Pantai Widarapayung (LENGKAP) Keindahan dan Fasilitasnya

Pantai Widarapayung merupakan pantai yang terletak di Desa Widarapayun Wetan, Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Pantai Widarapayung tidak begitu terkenal seperti pantai teluk penyu yang sama sama berada di Cilacap. Namun pantai widarapayung memiliki keistimewaan yang tidak pernah kami bayangkan sebelumnya.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke pantai widarapayung atau hanya ingin mencari informasi seputar pantai widarapayung, tepat sekali jika Anda membaca artikel ini karena Widara ID yang juga sebagai salah satu pengurus wisata Pantai Widarapayung mengulasnya secara detail untuk Anda.


Adapun hal-hal terkait yang akan kami bahas di dalam artikel ini, diantaranya adalah:

  • Keindahan dan Keunikan Pantai Widarapayung
  • Fasilitas di Pantai Widarapayung
  • Makanan Khas dan Oleh-oleh Pantai Widarapayung
  • Cara masuk ke Pantai Widarapayung
  • Lokasi Pantai Widarapayung
  • Yang sangat disayangkan dari Pantai Widarapayung
  • Video Pantai Widarapayung.

Nah, dibawah ini kami akan membahas secara detail mengenai 8 list diatas, perhatikan dengan baik yah? siapa tau ini akan menjawab rasa penasaran Anda. Oke, langsung saja kita mulai.

1. Keindahan dan Keunikan Pantai Widarapayung

Beberapa keindahan pantai widarapayung yang akan kami bahas disini adalah berdasarkan pengamatan penulis, pengurus tempat tersebut dan beberapa pengunjung ataupun penduduk yang tinggal di sekitar pantai widarapayung. 

Anda juga dapat memberikan tambahan informasi kepada kami DISINI. Perlu diketahui, bahwa pantai widarapayung itu luas, sehingga menempati tiga desa sekaligus diantaranya Desa Widarapayung Wetan, Desa Sidayu, Desa Widarapayung Kulon.

Baiklah, kita mulai dari sini:

Pantai Widarapayung Memiliki Ombak Besar.

Ombak besar memang sudah biasa ditemui di pantai-pantai selatan, tetapi di pantai widarapayung kalian akan merasakan suasana yang berbeda.

Dari bibir pantai widarapayung, indahnya ombak tidak hanya bisa dinikmati dengan mata saja, tetapi suara ombak yang pyar-pyur-pyar plus gemuruh juga membuat suasana hati kita betah berlama-lama di pantai ini, apalagi kalau kita sedang berkencan dengan pacar.

Tidak hanya itu, karena pantai ini yang tidak terlalu ramai, ombak besar di pantai widarapayung juga sering dimanfaatkan untuk latihan berselancar.

Apalagi yang menarik dari ombak di pantai widarapayung? Tentu saja masih banyak, silahkan berkunjung kesini jika ingin yang lebih tau.

Pantai Widarapayung Banyak pohon dan Tanaman. Banyak pohon dan tanaman? Lalu apa bedanya dengan pantai lain? Baiklah, jika di pantai lain mungkin terdapat satu jenis pohon yaitu pohon kelapa saja. Di pantai widarapayung tidak hanya ada satu jenis pohon, tetapi banyak.

Tanaman liar yang berduri, tanaman ini banyak ditemui di bagian barat pantai widarapayung, atau di desa sidayu. Jadi berhati-hatilah jika ingin kesini.

Tetapi tanaman berduri ini sering juga dimanfaatkan oleh pengunjung untuk ber foto-foto, kami tidak tahu apa nama tanaman ini, yang jelas pemandangan saat melihat tanaman ini seperti sedang ada di gurun pasir.

Pohon Pandan, Jangan salah dulu, ini bukan pandan yang biasa digunakan untuk bahan pewangi makanan, pandan ini tidak berbau apa-apa dan daunya jauh lebih tebal daripada pandan biasa. Dan lagi-lagi daun pandan ini berduri.

Karena pohon pandan di pantai widarapayung bertumbuh subur dan lebat, sehingga dibalik pohon ini sering digunakan untuk berduaan dengan pasangan. Pohon pandan ini letaknya di sepanjang pantai widarapayung.

Tanaman bunga merambat, dibagian sebelah barat pantai widarapayung, tepatnya di desa widarapayung kulon (paling barat). Disini terdapat tanaman bunga liar yang indah. Namun bagi sebagian orang, ini hanyalah rumput biasa.

Warga setempat menyebutnya tanaman dukut gulung. Jika penasaran kunjungi saja pantai widarapayung. Tanaman dukut gulung sendiri adalah tanaman khas pantai selatan.

Tugu dan Tsunami. Masih ingatkah kalian dengan tsunami yang menerjang cilacap dan sekitarnya? tepatnya di tahun 2006. Di pantai widarapayung sendiri tidak terjadi tsunami, tetapi hanya kena imbasnya saja atau disebut juga Ombak besar yang menerjang daerah pantai.

Oke, Di pantai widarapayung kita sering menemukan tugu berbentuk payung dan terdapat tempat duduk, ini sering digunakan untuk ber istirahat oleh para pengunjung. Nah, tugu inilah yang diterjang ombak besar waktu itu, dan saat ini tugu tersebut dibiarkan ditempat dan dibangun ilustrasi atau gambaran ombak saat menerjang tugu tersebut.

Lokasi tugu tersebut berada tepat setelah pintu masuk (masuk dari pintu utama) di desa widarapayung wetan.

Keunikan Pantai Widarapayung.

Pantai widarapayung memiliki pasir yang indah nan bersih, Sangat cocok untuk bermain pasir dan mengubur sebagian tubuh Anda.

Tapi siapa sangka, pasir di pantai widarapayung terdapat banyak hewan atau reptil atau apalah, bisa simak dibawah ini. Tapi ini tidak cocok untuk dibahas disini karena artikel ini ditunjukan untuk calon wisatawan. Tapi biarlah, kita akan membahasnya sedikit.

Kepiting pantai, bukan kepiting laut, bukan juga kepiting yang ada di lumpur dan air tawar, tetapi kepiting pantai. Lebih tepatnya adalah 'jingking'.

Apakah jingking bisa dimakan? tentu saja harus di masak dulu barulah dimakan. Tetapi jingking memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dibandingkan kepiting.

Jika Anda membawa anak kecil, sangat cocok untuk bermain kejar kejaran dengan jingking. Jingking memiliki kemampuan berlari yang sangat cepat.

Atau jika Anda datang ke pantai widarapayung untuk mencari jingking, Anda perlu membawa cangkul mini, karena jingking membuat lubang lubang kecil di pantai sebagai tempat tinggalnya.

Kerang Dan Yutuk, Kerang dan yutuk adalah sejenis seafood, tetapi karena ini letaknya dipantai maka kami menyebutnya dengan nama baru yaitu beachfood.

Beachfood sendiri seringkali dicari oleh penduduk sekitar pantai widarapayung sebagai penghasilan sampingan. Baik, kalian tau bahwa kami tidak akan membahas ini lebih lengkap.

2. Fasilitas di Pantai Widarapayung

Fasilitas di pantai widarapayung bisa dibilang biasa-biasa saja, tetapi yang namanya fasilitas pasti akan ditanyakan oleh calon pengunjung, jadi kami akan mengulasnya dibawah ini:

Kolam Renang, kolam renang memang sudah biasa ditemukan di tempat tempat wisata di indonesia begitu juga di Pantai widarapayung.

Untuk fasilitas kolam renangnya sendiri, disini terdapat ban pengapung dan kamar mandi atau tempat berganti pakaian. Nampaknya tidak ada yang luar biasa dari kolam renang ini.

Lokasi kolam renang ini berada di Pantai Widarapayung bagian timur (desa widarapayung wetan), untuk masuk ke kolam renang ini kita harus membeli tiket lagi seharga Rp 5.000,- untuk dewasa, dan Rp 3.000,- untuk anak anak.

Gubuk Pantai Widarapayung, Gubuk Pantai Widarapayung, ini yang membuat beda dengan pantai lainya, berdasarkan pantauan kami di pantai widarapayung,

Anda dapat menyewa gubuk dengan harga Rp 5000,- Sepuasnya selama Anda tidak meninggalkan gubuk tersebut. Jika Anda meninggalkan gubuk tersebut kemudian balik lagi, maka Anda harus membayar lagi.

Ukuran gubuk yang mini hanya pas untuk dua orang saja, sebenarnya gubuk ini dibuat untuk sepasang kekasih yang mau beristirahat disini. Suasana di dalam gubuk bisa dibilang nyaman, ini dikarenakan atap dan dinding gubuk yang terbuat dari daun kelapa kering dan tertutup.

Tidak hanya itu, gubuk yang terletak dibawah pohon cemara juga membuat suasana lebih natural dan alami. Lokasi gubuk berada di sepanjang pantai widarapayung, tetapi untuk menikmati pemandangan yang lebih indah, sebaiknya Anda ke bagian barat tepatnya di desa sidayu.

Update Juni 2018: Sebagian Gubuk di Pantai Widarapayung sekarang sudah dibongkar karena gubuk tersebut sering digunakan untuk mesum.

Naik Kuda Di Pantai Widarapayung


Naik Kuda di Pantai Widarapayung, Kami tahu bahwa ini bukanlah fasilitas pantai widarapayung, tetapi sepertinya ini menarik untuk ikut kami bahas. Banyak kusir yang memyewakan kudanya untuk dinaiki.

Apabila kita tidak bisa berkuda maka sang kusir akan mendampingi kita. Keliling pantai naik kuda merupakan sesuatu yang menyenangkan, apalagi jika berdua dengan pasangan.

Kita bisa menyewa kuda yang sedang di tuntun oleh kusir, bagi yang ingin naik kuda, biasanya terdapat di bagian pantai widarapayung 1 (desa widarapayung wetan). Untuk harganya kami belum mengetahi, namun menurut warga harga sewa naik kuda sekitar Rp 5000 rupiah.

Hotel dan Penginapan. Bagi Anda yang mau berkunjung dari lokasi yang jauh. Kami tidak menemukan penginapan di sekitar widarapayung, tetapi kita bisa menginap di daerah kroya. Dari kroya ke pantai widarapayung jaraknya sekitar 8 km.

3. Makanan Khas dan Oleh-Oleh

Setiap daerah pasti memiliki makanan Khas, itu sudah biasa. Dan kali ini pantai widarapayung memikiki makanan khas yang tidak dapat ditemukan di daerah lainya.

Rempeyek Yutuk Makanan khas pantai widarapayung adalah Rempeyek Yutuk, Kita sudah membahasnya diatas tepatnya pada bagian keunikan pantai widarapayung.

Yutuk sendiri merupakan binatang pantai yang hanya ada di pantai selatan, khususnya di cilacap bagian timur. Lebih tepatnya lagi di pantai bagian barat widarapayung.

Nah, jika Anda berkunjung ke pantai widarapayung maka jangan lupa untuk memcoba rempeyek yutuk. Rasanya yang gurih membuat kita ketagihan untuk mencobanya lagi.

Urap Kluban, Di pantai widarapayung kita akan menemukan makanan khas lain yaitu "kluban".

Ini hampir mirip dengan urap atau pecel karena sama sama terbuat dari sayuran. Yang membuat beda adalah bumbu dan rasanya yang pedas, nikmat, gurih.

Terlebih lagi jika kita memakan bersamaan dengan rempeyek yutuk. Apalagi jika kita menikmati makanan khas tersebut di pinggir pantai yang sejuk dan sumilir.

Gembus, Gembus adalah makanan khas Cilacap. Gembus banyak ditemui di cilacap timur atau lebih tepatnya di desa widarapayung.

Di pantai widarapayung sendiri kita akan menemukan banyak pedagang gembus di deretan sepanjang pantai. Gembus memiliki rasa yang gurih dan nikmat, percayalah Anda pasti akan ketagihan dengan rasanya.

Next: Dari ketiga makanan khas tersebut, Anda dapat membawa rempeyek yutuk sebagai oleh-oleh karena rempeyek yutuk cenderung lebih bertahan lama dibandingkan gembus dan kluban.

4. Cara Masuk dan Harga Tiket

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas bahwa pantai widarapayung itu luas, maka dari itu pantai ini memiliki pintu masuk lebih dari satu.

Pintu utama terletak di desa widarapayung wetan, pintu ini merupakan pintu yang paling mudah dijangkau karena letaknya berada di jalan utama. Disarankan untuk pengunjung luar yang pertama kali datang kesini. Harga tiket Rp 5000,-

Pintu kedua terletak di perbatasan desa widarapayung wetan dan dessa sidayu, harus berjalan kebarat kurang lebih 500 meter = harga tiket Rp 3000,-

Pintu ketiga terletak di perbatasan desa sidayu dan desa widarapayung kulon, harus berjalan lebih jauh kebarat dari pintu utama = harga tiket Rp 3000,-.

Perlu diketahui bahwa Pintu utama letaknya lebih gampang ditemukan karena terdapat slogan "Selamat datang di Pantai Widarapayung". Selain itu lokasinya juga sangat strategis karena berada di perempatan widarapayung. Selengkapnya akan kami bahas di bagian selanjutnya:

5. Lokasi Pantai Widarapayung

Pantai Widarapayung terletak di desa widarapayung wetan, kecamatan binangun, kabupaten cilacap, jawa tengah.

Petunjuk jalan ke pantai widarapayung

Dari Purwokerto:
Ke arah selatan melewati Jalan buntu kroya, kemudian di perempatan buntu belok kanan, kemudian lurus terus hingga mentok pertigaan di desa jepara kulon, kemudian belok kanan dan lurus sampai ada perempatan binangun, kemudian belok kiri dan lurus terus hingga sampai di pantai widarapayung.

Dari Cilacap atau Kebumen:
Ke arah timur melalui Jalan diponegoro (jalan utama yang menghubungkan Cilacap kota - Kebumen bagian selatan). Jalan ini akan melewati desa widarapayung. Untuk lebih jelas, silakan menggunakan aplikasi maps yang tersedia di smartphone, klik disini: Google Maps atau Here Maps.

Menggunakan Kereta Api 

Turun di Stasiun Kroya. Stasiun kroya merupakan stasiun terbesar di cilacap, stasiun ini dilewati oleh dua jalur kereta api. Jarak dari stasiun kroya hingga ke pantai widarapayung kira-kira 10 km. Dan untuk menempuh jarak tersebut membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit untuk naik ojek.
Update : Disini juga tersedia ojek atau taksi online dari Go-Jek dan Grab.

6. Yang sangat disayangkan dari Pantai Widarapayung (Kekurangan Pantai Widarapayung).

Dibalik keindahan Pantai Widarapayung, ternyata ada yang membuat kita tidak nyaman. Dibawah ini adalah kekurangan pantai Widarapayung berdasarkan pantauan kami:

Kurang bersih, Kami melihat banyak sampah di pantai widarapayung. Terlebih jika dibagian paling barat.

Kurang Pengawasan dan keamanan, Sering terjadi korban tewas akibat terseret ombak. Sedikit orang yang mengetahui pantai ini.

7. Video Pantai Widarapayung


Hanya ini yang dapat kami tampilkan, setidaknya Anda punya gambaran mengenai pantai Widarapayung.

Mungkin Anda juga tertarik untuk membaca ulasan "Keindahan Pantai Menganti - Bagai Surga Yang Tersembunyi".

Belum ada Komentar untuk "Pantai Widarapayung (LENGKAP) Keindahan dan Fasilitasnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel