Wisata Pantai Menganti Kebumen Bagai Surga Tersembunyi

Pantai Menganti Kebumen adalah Pantai Terindah di Jawa Tengah dari yang sebelumnya pernah kami telusuri. Keindahan Pantai Menganti memang tiada tanding di jawa tengah, Jika Anda hobi traveling, Anda wajib mengunjungi pantai Menganti.



Lokasi Pantai Menganti berada di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, JawaTengah.

Berikut ini akan kami ulas selengkap-lengkapnya tentang Pantai Menganti Kebumen, adapun daftar ulasan kami yaitu:

  1. Keindahan Pantai Menganti
  2. Fasilitas Pantai Menganti
  3. Harga Tiket Masuk Pantai Menganti
  4. Saran Persiapan Ke Pantai Menganti
  5. Sejarah Pantai Menganti
  6. Pantai Terkait dengan Pantai Menganti
  7. Video di Pantai Menganti Kebumen.
  8. Kekurangan Pantai Menganti

Tidak heran jika pantai ini menempati posisi pantai terindah di Jawa Tengah (begitu pula menurut wikipedia).

Dimulai Dari:

1. Keindahan Pantai Menganti.

Mengapa Pantai Menganti disebut Pantai Terindah di Jawa Tengah? Mungkin saya tidak begitu tepat jika menjawab pertanyaan ini. Namun berdasarkan penelusuran saya yang datang langsung ke pantai ini, saya melihat pantai ini benar-benar seperti keindahan di surga, meskipun saya belum pernah melihat surga sebelumnya.

Kenapa saya menyebut pantai menganti seperti keindahan di Surga? ini hanya bayangan saya saja, sebab beberapa view yang saya lihat di pantai menganti semuanya menakjubkan. Contohnya...

Perbukitan Hijau dan Biru-nya Air Laut.



Kita akan disuguhi pemandangan yang hijau dan sejuk begitu kita memasuki wilayah pantai menganti, mengingat pantai ini memang terletak di lereng perbukitan.

Dari atas bukit, kita bisa melihat birunya air laut dan batu karang. Tidak sedikit orang yang memanfaatkan momen ini untuk ber foto-foto atau selfie.

Ombak dan Batu Karang.
Diatas batu karang pantai menganti.
Pemandangan yang indah plus dapat bonus suara pyar pyur pyar, atau suara ombak yang menabrak batu karang terdengar sangat jelas dan sejuk, sehingga menciptakan suasana alam yang benar benar alami.

Tentu saja ini akan membuat suasana hati kita jadi rileks atau betah berlama lama. Terlebih lagi jika bareng gebetan.

Selfie bareng di atas batu karang, masih ingat waktu itu kita (saya dan teman teman) foto-foto di atas batu karang.

Berdasarkan beberapa sumber online, pantai ini memiliki pasir putih, namun kami tidak melihat ada pasir putih di pantai menganti, atau mungkin tempatnya yang sangat luas? sehingga saya tidak menemukan pasir putih.

Oleh karena itu saya tidak membahas pasir putih di pantai menganti. Anda bisa mencari tahu sendiri dengan mengunjungi pantai menganti.

Benar benar alami
Suasana alam yang benar benar alami, tanpa ada suara kendaraan, tidak ada polusi, pantai ini luas, sepi dan bersih.

2. Fasilitas Di Pantai Menganti

Pantai Menganti Kebumen, tidak begitu banyak fasilitas, mungkin karena keadaan jalan yang sulit untuk di jangkau, sehingga mereka enggan membangun fasilitas di pantai menganti. Tapi tunggu...

Saya menemukan beberapa fasilitas di dalam pantai menganti diantaranya adalah:

Gubuk Pantai Menganti
Pantai menganti kebumen terdapat gubuk-gubuk yang berada di sepanjang perbukitan, di gubuk ini kita bisa menikmati hidangan yang kita bawa dari rumah ataupun cemilan yang kita beli sendiri dari warung-warung yang ada di sana.

Selain menikmati hidangan atau cemilan, kita juga langsung menikmati pemandangan indah batu karang dan laut biru dari gubuk tersebut, sebab gubuk ini langsung menghadap ke arah laut.

Anda boleh menyinggahi gubuk ini dengan puas dan tidak dibatasi waktu. Harga untuk menyewa gubuk ini adalah Rp 10.000,-

Rumah Makan
Rumah Makan di pantai menganti sama halnya seperti rumah makan biasa, tidak begitu banyak hidangan yang ada disini.
* Mending bawa hidangan sendiri toh, nanti bisa di santap di gubuk bareng-bareng?

Tetapi kita bisa menikmati makanan khas Kebumen yang ada di pantai menganti, diantaranya adalah; Nasi penggel, Rempeyek Yutuk, Pecel, dll.

Itu berdasarkan yang saya lihat saja, mungkin masih banyak makanan lain yang tidak saya temui, sebab saya sendiri membawa makanan dari rumah kakak saya yang orang kebumen asli. ketupat dan telur asin panggang yang asin-nya minta ampun.

Tempat Parkir Yang Luas
Ini pilihan Anda, terserah mau parkir dimana, di bawah atau diatas bukit juga boleh yang penting jangan di lautnya.

Tapi ngomong-ngomong saya tidak melihat ada mobil yang terparkir disini, Mungkin orang-orang enggan bawa mobil karena keadaan jalan menuju pantai menganti yang sempit dan berliku-liku.

Mushalla, Toilet & Kamar Mandi
Tepatnya berada di antara tempat parkir dan warung makan, di situ terdapat toilet sekaligus kamar mandi. Saya tidak tau bayar atau tidak karena saya tidak mencobanya.

Di samping itu juga ada Mushalla yang bersih buat Anda yang mau beribadah.

3. Harga Tiket Masuk Pantai Menganti.

Berdasarkan informasi dari Mbok saya, dan berdasarkan pengalaman terakhir saya ke pantai menganti kebumen, harga tiket-nya bisa berbeda-beda. Berikut ini selengkapnya mengenai harga tiket:
  • Hari-Hari Biasa: Rp 10.000,- per kendaraan (motor)
  • Hari Minggu atau Libur: Rp 10.000,- per orang
  • Khusus Hari Lebaran: Rp 13.500,- per orang
* Cat: Harga bisa berubah sewaktu-waktu tanpa sepengetahuan kami.

4. Saran Persiapan Ke Pantai Menganti.


Perlu diketahui, untuk menuju ke pantai menganti tidak semudah seperti ke pantai logending atau pantai suwuk yang sama-sama berada di kebumen.

Beberapa hal yang harus Anda persiapkan sebelum berangkat ke pantai menganti diantaranya adalah:

Jenis dan Kondisi Kendaraan
Kami tidak menyarankan Anda menggunakan mobil, karena keadaan jalan yang sempit, dan berliku-liku, mengingat kondisinya berada di perbukitan.

Lalu apa kendaraan yang cocok untuk menuju ke pantai menganti? Motor sangat cocok untuk menelusuri perjalanan ke pantai menganti, meskipun keadaan jalan ber aspal namun tikungan dan tanjakan yang sangat tajam sehingga kami me-rekomendasikan menggunakan motor.

5. Sejarah Pantai Menganti.

Pada jaman kerajaan Majapahit yang berdiri sekitar tahun 1293 hingga 1500 M. Konon ada seorang panglima perang yang melarikan diri ke perbukitan yang sekarang adalah pantai menganti.

Panglima tersebut melarikan diri bukan karena peperangan melainkan karena hubungannya dengan kekasih yang tidak direstui oleh raja saat itu. Yang pada akhirnya melarikan diri dari raja dan memilih untuk menjalankan hubungan dengan kekasihnya.

Sebelumnya panglima perang dan kekasihnya sudah membuat janji bahwa mereka akan bertemu di perbukitan pesisir jawa (yang sekarang adalah pantai menganti) sembari menikmati pemandangan yang indah.
Namun sang kekasih justru tidak kunjung datang, akan tetapi sang panglima terus menanti hingga berhari-hari.

Nah, dalam bahasa jawa kuno, arti menganti adalah menunggu atau menanti. Jadi pantai menganti diambil dari kisah panglima perang yang menunggu kekasihnya.

Pantai menganti dibuka untuk umum pada tahun 2011, sebelumnya pantai ini bukan tempat wisata melainkan tempat untuk pendaratan perahu para nelayan dan hanya diketahui oleh masyarakat kebumen.

6. Pantai Terkait dengan pantai Menganti.

Berikut ini adalah pantai disekitar yang tidak kalah indah dengan pantai menganti, tentunya lokasi pantai ini lebih mudah dijangkau dibandingkan dengan pantai menganti.
  • Pantai Sawangan
  • Pantai Suwuk
  • Pantai Ayah / Pantai Logending
  • Pantai Pedalen

7. Video di Pantai menganti.

Ketika kami sampai di bukit pantai menganti, kami membuat sedikit video untuk menunjukan pada kalian bahwa pantai menganti itu sangat indah.


8. Kekurangan pantai menganti.

Sangat susah untuk mencari kekurangan pantai ini mengingat pantai menganti begitu indah. Tapi mungkin kami sedikit menemukan kekurangan diantaranya adalah:
  1. Perjalanan menuju ke pantai menganti yang begitu berliku mengingat lokasinya yang berada di perbukitan.
Sementara itu saja review untuk Pantai menganti, Kami akan mengupdate artikel ini apabila dirasa perlu. 

2 Komentar untuk "Wisata Pantai Menganti Kebumen Bagai Surga Tersembunyi"

  1. Wah, mantep nih Pantai Menganti buat yang suka jalan-jalan. Makasih referensinya ya ..

    BalasHapus
  2. Khusus traveling

    Yang mau jalan jalan

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel